AdvFac

Cara Menentukan Arah LNB Parabola yang Benar ke Satelit

Satelit parabola Telkom 4 sering disebut juga satelit merah putih, yaitu satelit komunikasi Geostasioner Indonesia yang dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom. Dalam memasang Telkom 4, kita harus menentukan arah parabola telkom 4 dengan benar.

Arah LNB Parabola Yang Benar
Menentukan Arah LNB Parabola Yang Benar

Menentukan arah LNB parabola yang benar bertujuan agar parabola bisa menangkap sinyal satelit dengan kuat, dan menghasilkan kualitas siaran TV yang bagus. Nah, selain menentukan arah parabola. Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara memasang Telkom 4.

Ini Dia Cara Menentukan Arah LNB Parabola yang Benar!

Arah LNB yang benar dipatok dari arah titik nol derajat yang benar. Tanda titik nol ini bisa kamu lihat di bagian atas LNB, ada tiga garis yang menunjukkan angka 30, 0, dan 30 lagi. Selain angka 0, angka 30 juga menentukan polaritas vertikal dan horizontal LNB.

Arah LNB Parabola yang Benar
Cara Menentukan Arah LNB Parabola yang Benar

Langsung saja, ini dia langkah – langkah menentukan titik nol derajat pada LNB parabola dengan benar!

  1. Pastikan titik 0 sudah mengarah pada posisi horizontal, yaitu mengarah ke Barat atau Timur. Untuk memastikan posisinya akurat, kamu bisa menggunakan bantuan kompas untuk menentukan arah Timur dan Barat dengan tepat.
  2. Ketika kamu membuka LNB, di bagian bawahnya ada dua jarum diameter berukuran 2 mm.
  3. Di bagian tengah LNB juga ada satu besi yang diameternya 7 mm, fungsinya sebagai bantalan antena.
  4. Untuk pemasangan LNB, kamu bebas mengarahkannya ke Barat maupun Timur, asalkan tidak ke Selatan atau Utara, karena harus horizontal.
  5. Untuk 2 LNB, bisa dipasang saling berhadapan, atau saling membelakangi. Artinya satu LNB menghadap Barat, dan 1 lainnya harus menghadap Timur.
  6. Usahakan LNB terpasang sejajar dengan bantalan antena, agar posisi 0 derajatnya lebih akurat.

Bagaimana Cara Menentukan Arah Parabola Telkom 4 Dengan Akurat?

Telkom 4 terletak di atas garis khatulistiwa, serta memiliki orbit Geostasioner. Yaitu orbit yang mengunci posisi satelit dengan Stasiun Kontrol di bumi, sehingga satelit akan ikut bergerak mengikuti pergerakan rotasi bumi, dengan posisi yang tidak berubah.

Cara Menentukan Arah Parabola Telkom 4
Cara Menentukan Arah Parabola Telkom 4

Karena adanya orbit Geostasioner, maka pengguna Telkom 4 hanya perlu sekali saja mengarahkan parabola ke satelit, yaitu saat proses instalasi parabola. Posisi satelit Telkom 4 sudah berada di 0 derajat Lintang Utara dan 0 derajat Lintang Selatan.

Langkah – langkah atau cara menentukan arah Telkom 4 agar posisi titik 0 nya akurat, yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Kunci pertama terletak pada Baut Azimuth dan Baut Elevasi pada Telkom 4 yang ternyata bisa diatur, sehingga mempermudah tracking satelit Telkom 4.
  2. Konsepnya, semakin dekat lokasi tracking dengan lokasi satelit Telkom 4, maka posisi Baut Elevasi di setting agar Besi Bar yang ada di atas Baut Elevasi, diposisikan mendatar.
  3. Jika tracking semakin ke arah Selatan, maka baut diputar agar posisi parabola lebih condong ke Utara, begitu juga ke arah sebaliknya.
  4. Untuk Baut Azimuth, pergerakannya ke kanan dan kiri. Jika berada di sebelah kiri satelit Telkom 4, maka baut sedikit dipanjangkan agar parabola condong ke Timur, dan sebaliknya

Bagaimana Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit?

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit
Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit

Dari semua penjelasan di atas, mungkin pertanyaan paling dasarnya adalah, bagaimana cara mengetahui posisi satelit, atau bagaimana cara menentukan arah parabola agar sesuai dengan posisi satelit? Buat yang bingung, simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Ketahui posisi kamu dan koordinat lokasi kamu berada menggunakan aplikasi Google Maps.
  2. Hidupkan GPS di HP kamu, kemudian klik pointer di bagian kanan bawah, lalu arahkan ke titik biru, maka itulah lokasinya.
  3. Tekan titik biru selama 3 sampai 5 detik, lalu akan muncul koordinat lokasi kamu.
  4. Sedangkan lokasi satelit Telkom 4 sendiri berada di garis khatulistiwa karena berada di orbit Geostasioner.
  5. Setelah itu arahkan parabola dengan posisi kebalikan dari posisi kamu. Misalkan kamu di Utara khatulistiwa, maka parabola dicondongkan ke Selatan. Begitupun untuk posisi di Utara, timur, maupun Barat.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan arah LNB Parabola yang benar, dan cara mengetahui arah Parabola Telkom 4. Pada dasarnya, butuh ketelitian untuk mengarahkan titik nol derajat LNB agar akurat, sesuai dengan posisi satelit.

Post a Comment for "Cara Menentukan Arah LNB Parabola yang Benar ke Satelit"