AdvFac

Cara Paralel Booster Antena Untuk 2 TV Supaya Tetap Jernih

Cara paralel booster antena TV bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus, sehingga TV di rumahmu bisa terlihat lebih jernih. Untuk membantu kalian dalam mengetahui caranya, di sini kami akan membahas cara paralel antena TV supaya tetap jernih secara lengkap. Selain itu, di sini kami juga akan membahas jawaban dari pertanyaan apa bisa satu antena untuk 2 TV? Apakah 1 booster untuk 2 TV?

Cara Paralel Booster Antena Tv

Jadi, bagaimana cara paralel booster antena TV supaya tetap jernih?

Pada dasarnya, satu antena bisa digunakan untuk 2 TV sekaligus, sehingga kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kualitas layar TV di rumahmu terlihat lebih jernih, dan cara tersebut adalah:

1. Arahkan antena ke menara penyiaran paling dekat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat kualitas layar TV di rumahmu tetap jernih adalah dengan mengarahkan antena ke menara penyiaran yang lokasinya paling dekat. Nantinya, kamu bisa memeriksa lokasi menara radio terdekat. Setelah berhasil menemukannya, kamu bisa mengarahkan antena tersebut sesuai dengan lokasi menara penyiaran terdekat.

2. Membersihkan aluminium antena secara rutin

Sebagai pemilik dari antena TV, kamu wajib membersihkan bagian aluminiumnya secara rutin. Sebab, bagian aluminium yang ada di antena TV ini rentan terserang jamur, berkarat, dan rusak jika terus diabaikan begitu saja. Umumnya, permasalahan-permasalahan antena TV seperti ini akan sering muncul jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Maka dari itu, kamu perlu merawat dan membersihkannya secara rutin.

3. Atur ulang pengaturan tuner digital yang dimiliki

Cara paralel antena TV selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengatur tuner TV digital yang kamu miliki. Pada dasarnya, tuner digital ini akan mengubah sinyal TV yang masuk ke format digital-nya. Kendati demikian, sebagian besar stasiun TV akan mengubah sinyalnya masing-masing. Maka dari itu, ada banyak orang yang berpendapat bahwa cara ini cukup sulit untuk dilakukan.

4. Manfaatkan satu antena untuk dua TV

Tidak hanya antena saja yang bisa kamu gunakan untuk 2 TV sekaligus, tapi booster juga bisa kamu gunakan untuk 2 TV. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Membahas tentang fakta itu sendiri, pada dasarnya saat ini semakin ada banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Cara Paralel Booster Antena Untuk 2 TV Supaya Tetap Jernih
Cara Paralel Booster Antena Untuk 2 TV Supaya Tetap Jernih

Bahkan, banyak orang yang menggunakan cara memasang langsung antena TV yang disambungkan secara paralel dengan mudah. Kendati demikian, penting untuk kamu ketahui bahwa apabila kedua antena ini digabungkan langsung secara paralel, maka hal tersebut akan mempengaruhi impedansi antena dan TV yang ada di rumahmu. Maka dari itu, kamu perlu melakukan cara berikut ini:

  • Tarik perlahan ujung kabel dengan menggunakan gunting, untuk mengupas bagian luarnya sekitar 1,5 cm.
  • Kendurkan sekrup yang ada pada soket dan sambungkan kabel ke konektor jack. Jika kamu menggunakan kabel serat optik, kamu perlu membungkus bagian sekitarnya.
  • Putar antena secara perlahan agar gelombang sinyal terbaik bisa terdeteksi. Sangat disarankan untuk menggunakan kabel yang panjang.
  • Selesai, lakukan tahapan di atas secara perlahan dan teliti.

Kesimpulan

Sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan, cara paralel booster antena TV bisa dilakukan dengan sangat mudah. Yang terpenting, kamu sudah mengetahui urutannya dengan benar, sehingga kamu bisa mengikuti cara tersebut dengan baik.

Post a Comment for "Cara Paralel Booster Antena Untuk 2 TV Supaya Tetap Jernih"