AdvFac

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Berkedip 12v

Rangkaian lampu LED berkedip 12v merupakan salah satu rangkaian sederhana yang bisa Anda buat untuk membuat 1 lampu berkedip. Disini Anda akan mendapatkan bagaimana cara membuat 1 lampu LED berkedip dan tanpa menggunakan ic. Penasaran bagaimana langkahnya?

rangkaian lampu led berkedip 12v

Sebelum beranjak ke cara membuat rangkaian lampu LED berkedip, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa rangkaian ini biasanya digunakan untuk layar digital yang menyajikan tulisan atau gambar yang bisa kita sebut sebagai sarana elektronik.

Rangkaian ini juga mudah ditemukan di perangkat elektronik dekorasi yang ada di pohon natal. Tujuan membuat rangkaian ini yaitu agar membuat lampu LED bisa berkedip secara bergantian.

Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Berkedip 12V

Lampu LED bekerja mirip dengan diode yaitu bisa menghambat arus yang mengalir dari arah yang berlawanan. Selain itu lampu LED bisa melewatkan arus yang akan mengalir ke arah yang diinginkan.

cara membuat 1 lampu led berkedip

Ada banyak cara membuat rangkaian lampu LED berkedip, mungkin salah satunya bisa Anda temui dengan mudah yaitu lampu LED strip. Untuk membuat lampu LED bisa berkedip ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan.

1.  Rangkaian LED Berkedip dengan Relay

Cara pertama yaitu dengan relay yang merupakan perangkat elektromagnetik yang sering digunakan dalam pembuatan saklar elektrik. Relay bisa digunakan untuk menyalakan atau mematikan arus yang besar.

Penggunaan relay dalam membuat rangkaian lampu LED yaitu saat relay belum dialiri coil dari baterai, maka relay tidak akan bisa menyalakan lampu. Namun saat relay telah dialiri coil maka akan naik ke kontak dan mengalirkan arus ke LED.

Setelah lampu LED menyala, kontak akan kembali ke posisi awal dan tidak teraliri arus. Hal ini akan terjadi secara berulang dan lampu LED akan menyala secara bergantian.

2.  Rangkaian LED Berkedip dengan Transistor

Cara membuat lampu LED berkedip tanpa ic bisa Anda lakukan dengan sederhana. Disini Anda bisa memanfaatkan transistor untuk mengoperasikan arus listrik yang akan mengalir ke lampu LED.

cara membuat lampu led berkedip tanpa ic

Disini Anda perlu menggunakan sebuah transistor, resistor, lampu LED serta sumber tegangan DC. Saat arus listrik mengalir menuju terminal transistor, maka arus yang berasal dari kolektor juga mengalir ke emitter.

Arus inilah yang akan menyalakan lampu LED. Selain itu arus base juga harus lebih tinggi dengan tegangan drop 0.7 V. Hal inilah yang membuat lampu LED bisa menyala.

Disini Anda bisa mengaktifkan transistor kiri dan kanan secara bergantian. Hal ini yang membuat lampu LED bisa berkedip secara bergantian. Aliran listrik akan menuju resistor untuk menyalakan lampu secara bergantian.

3. Rangkaian Lampu LED dengan Mikrokontrol

Rangkaian terakhir yaitu menggunakan mikrokontrol yang merupakan metode paling efisien dan paling mudah untuk membuat LED berkedip. Mikrokontrol memberikan pola yang cukup unik dan bisa mengatur waktu interval yang berbeda.

Saat Anda meletakkan lampu LED sejajar lalu dengan mikrokontrol, lampu LED bisa menyala secara bergantian. Mikro control hanya menyediakan tegangan 5V sehingga mudah untuk membuat lampu LED berkedip.

Demikian beberapa cara untuk membuat rangkaian lampu LED berkedip secara bergantian. Beberapa rangkaian diatas termasuk rangkaian sederhana yang mudah dibuat.

Anda bisa membuat sendiri lampu LED dan mengatur waktu kecepatan LED berkedip. Dengan kustomisasi ini maka Anda bisa membuat lampu LED yang lebih unik atau modifikasi dari instalasi lampu LED yang sudah Anda miliki.

Post a Comment for "Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Berkedip 12v"