AdvFac

Skema Rangkaian LED Berjalan & Bervariasi Tanpa IC

Rangkaian LED berjalan tanpa IC atau sering di sebut juga sebagai rangkaian lampu flip flop merupakan rangkaian elektronika yang di rangkai menggunakan dua atau lebih lampu LED. Lampu-lampu LED ini nantinya akan menyala dan mati secara bergantian sehingga tampak seperti berjalan. Skema lampu berjalan sebenarnya cukup sederhana. Untuk menghasilkan output lampu LED berjalan dan bervariasi warnanya pun hanya di butuhkan beberapa komponen saja.

Rangkaian LED Berjalan Tanpa IC
Rangkaian LED Berjalan Tanpa IC

Rangkaian skema lampu berjalan tanpa IC atau lampu flip flop bisa di ciptakan dengan memakai 4 buah lampu LED. Agar lampunya bisa bekerja secara bergantian, maka rangkaian di buat memakai arus listrik yang di hubungkan secara saling silang. Penggunaan rangkaian LED berjalan sendiri sudah umum di kehidupan sehari-hari. contohnya seperti lampu flip flop ambulance, lampu flip flop polisi dan lainnya.

Cara Kerja Skema Lampu Berjalan LED atau Lampu Flip Flop Tanpa IC

Cara Kerja Skema Lampu Berjalan LED atau Lampu Flip Flop Tanpa IC
Cara Kerja Skema Lampu Berjalan LED atau Lampu Flip Flop Tanpa IC

Rangkaian LED berjalan tanpa IC di butuhkan ketika Anda ingin membuat lampu flip flop. Setidaknya gunakan minimal 2 LED. Jika ingin memakai lebih dari 2 LED pun tidak masalah karena sudah banyak pengguna lampu flip flop bahkan memakai 3 LED, 4 LED hingga 6 LED. Karena lampu flip flop tidak memakai IC, maka rangkaian lampu LED berjalan dan bervariasi ini memakai transistor sehingga lebih sederhana.

skema rangkaian flasher led 12 volt
Skema rangkaian flasher LED 12 volt

Cara kerja skema lampu berjalan flip flop sederhananya seperti berikut.

  1. Rangkaian lampu flip flop termasuk dalam kategori multivabritor bistabil sehingga mampu bekerja pada rangkaian dengan 2 arus yang stabil.
  2. Ketika rangkaian di aliri dengan arus listrik, hal ini membuat salah satu transistor menyimpan muatan listrik yang lebih besar daripada transistor lainnya.
  3. Kemudian transistor yang menyimpan tegangan listrik lebih tinggi akan melepaskan muatan listriknya lebih dahulu. Hal ini akan menyebabkan transistor berada dalam kondisi ON. Akibatnya, salah satu lampu akan menyala.
  4. Ketika trasnsistor berada dalam kondisi ON, maka komponen tersebut akan terhubung dengan salah satu komponen kapasitor.
  5. Kapasitor ini selanjutnya akan tersambung dengan kaki kolektor sehingga menyebabkan transistor lainnya berada di kondisi ON juga. Sedangkan transistor lainnya akan berada dalam kondisi OFF, begitu seterusnya.
  6. Kondisi transistor yang ON dan OFF secara bergantian inilah yang menjadi penyebab lampu flip flop bisa menyala dan padam secara bergantian.

Bagian Komponen Lampu LED Berjalan dan Bervariasi

Bagian Komponen Lampu LED Berjalan dan Bervariasi
Bagian Komponen Lampu LED Berjalan dan Bervariasi

Meski rangkaian lampu berjalan termasuk sederhana, komponen-komponen di dalamnya memegang peranan penting. Komponen yang di butuhkan dalam pembuatan lampu flip flop yakni :

  • Kapasitor, merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyimpan arus lisrik.
  • Transistor, komponen ini bertugas menyambung dan memutus arus listrik.
  • Resistor, komponen yang berfungsi untuk menghambat aliran arus di rangkaian.
  • LED, komponen lampu yang berfungsi untuk memancarkan cahaya.
  • Baterai, pada lampu flip flop baterai di gunakan untuk menyediakan sumber tegangan.
  • Papan PCB, semua komponen di atas di hubungkan satu sama lain melalui papan PCB (Printed Circuit Board).

Manfaat Lampu Rangkaian LED Berjalan Tanpa IC

Pada rangkaian LED berjalan tanpa IC atau lampu flip flop terdiri 2 keluaran yang saling berlawanan kondisinya yakni 1 dan 0. Bagi masyarakat awam, lampu ini memiliki peran sederhana yakni untuk membuat lampu kedap-kedip layaknya lampu disko sebagai keperluan dekorasi. Tapi, peran lampu ini tidak sesederhana yang orang-orang pahami.

Alasannya karena skema lampu berjalan juga di pakai untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti ini misalnya :

  • Untuk menghitung detak.
  • Untuk membuat register geser.
  • Di gunakan untuk menyimpan data binar secara semi permanen.
  • Di gunakan sebagai shift register pada bagian penyimpanan memori.
  • Di gunakan pada rangkaian penghitung atau pencacah (counter), dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan di atas bisa di pahami bahwa cara kerja rangkaian LED berjalan tanpa IC ternyata cukup sederhana bukan?

Post a Comment for "Skema Rangkaian LED Berjalan & Bervariasi Tanpa IC"