AdvFac

Cara Membuat Antena Luar Untuk HT Jarak Jauh Terbaik

Sebagian orang mungkin sudah pernah melihat antena HT (Handy Talkie) yang banyak dipasang di luar rumah. Biasanya antena-antena tersebut dibuat sendiri dengan cara membuat antena luar untuk HT yang cukup sederhana. Namun skema antena UHF juga diperhatikan agar antena dapat berfungsi.

Cara Membuat Antena Luar Untuk HT
Cara Membuat Antena Luar Untuk HT

Pada dasarnya HT atau Handy Talkie adalah radio dua arah dengan radius 0,5 km hingga 2,5km. Tertarik untuk membuat antena HT sendiri?

Skema Antena HT UHF dan Tahapan Pembuatannya

Berikut skema dan cara pembuatan antena HT yang bisa dicoba.

1. Skema antena HT

Anda dapat menggunakan skema antena open daipul, dual band, atau lainnya yang ingin dirakit. Skema antena HT ini sebenarnya cukup sederhana dan bisa Anda temukan dengan mudah di internet.

Pada skema antena daipul, susunan antena cukup simpel dengan bahan-bahan yang sangatlah sedikit. Bagian tengah terdapat fiber atau plastik pada sambungan pipa aluminium. Masing-masing ujung pipa aluminium yang ada di fiber plastik ini disambungkan dengan kabel coaxial.

Cara membuat antena luar untuk HT tentunya bisa menggunakan skema di atas. Namun Anda bisa memakai skema lain jika memang ingin memasang antena HT band atau yang lain.

2. Cara membuat antena luar untuk HT

Skema antena HT UHF ini tentunya harus diperhatikan dan menjadi panduan untuk Anda membuat antena. Pada skema terlihat bahan-bahannya cukup sedikit. Jenis antena luar untuk Handy Talkie ini memang bisa dibuat dengan mudah dan murah.

Dibandingkan dengan membeli antena HT siap pakai, tentu akan lebih hemat jika membuatnya sendiri. Estimasi biaya untuk membuat antena HT kurang lebih hanya 50 ribuan saja.

Sekadar informasi saja untuk jenis antena HT open daipul ini mungkin jarang digunakan untuk jarak 2 meter. Antena open daipul lebih familiar untuk komunikasi radio jarak 11 meter, 80 meter, dan 100 meter.

Sebelum Anda membuat antena, terlebih dahulu harus menyiapkan bahan-bahannya. Tenang saja karena bahan-bahan atau peralatan yang dibutuhkan tidak begitu banyak, hanya beberapa bahan berikut.

  • Pipa aluminium dengan ukuran 5/8 inch sepanjang kurang lebih 96cm.
  • Kabel coaxial RG 5/8 atau RG 8 dengan impendansi 50 Ohm.
  • Fiber atau plastik (bisa bahan lain yang bukan konduktor tetapi kuat terhadap panas atau suhu luar lingkungan).

Antena HT jarak 100km atau jarak jauh mungkin membutuhkan peralatan tambahan seperti booster, rotator antena, dan lain-lain. Ini tentunya akan membutuhkan lebih banyak dana, bisa sampai jutaan Rupiah.

Namun jika Anda memang ingin membuat komunikasi HT lebih luas jangkauannya, bisa mencobanya. Selain itu, stasiun lawan harus memiliki power besar dan antena HT yang memadai agar bisa saling berkomunikasi dengan baik.

3. Membuat antena HT

Antena HT yang akan dibuat ini merupakan antena HT ½ lamda dengan rumus lamda = c/f atau 300/ frekuensi. Misalnya Anda ingin membuat antena HT untuk memancarkan sinyal di 155 Mhz, maka ½ lamda untuk antena adalah 300/155 x ½ = 0,96 meter atau 96 cm.

Jadi panjang elemen yang dibutuhkan untuk membuat antena HT 155 MHz ini adalah 96 cm. Sesuai skema, elemen pipa aluminium 96cm ini harus ada dua untuk bagian atas dan bawah.

Cara Membuat Antena Luar untuk HT yang Benar

Cara Membuat Antena Luar untuk HT yang Benar
Cara Membuat Antena Luar untuk HT yang Benar

Antena HT jarak jauh terbaik tentunya menggunakan skema yang benar. Jika Anda hanya akan membuat antena HT sederhana seperti skema ini, cara pasangnya pipa alumunium atas dan bawah dihubungkan dengan bahan fiber atau plastik.

Pada ujung bawah dari pipa aluminum atas dipasang satu kabel coaxial. Begitu juga dengan ujung atas pada pipa aluminium bawah juga dipasang kabel coaxial. Sambungan kabel ini dapat dikencangkan dengan solder atau menggunakan mur baut.

Kabel bagian dalam yang dikaitkan dengan pipa atas adalah inner dan kabel bagian dalam untuk pipa bawah adalah ground. Kabel coaxial yang digunakan bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Cara membuat antena luar untuk HT mudah bukan? Antena HT ini biasanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi pada bis dalam kota, taxi, atau komunikasi radio kurang dari 100km. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Antena Luar Untuk HT Jarak Jauh Terbaik"