AdvFac

Membuat Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km

Antena omni termasuk salah satu tipe antena Wifi yang biasanya digunakan untuk transmitter atau hotspot. Fungsinya untuk memperluas area coverage dengan pola radiasi yang menyebar sama rata ke segala arah. Membuat antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

Membuat Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km
Membuat Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km

Langkah-langkah Membuat Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km

1. Siapkan bahan-bahannya

Sebelum membuat antena, siapkan terlebih dulu peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa bahan untuk membuat antena omni wifi 2.4.

  • Paralon 1 inch (panjang sesuai elemen antena)
  • Kawat tembaga NYA (1 x 2.5 mm2)
  • 2 buah dop paralon 1 inch
  • 2 pasang baut dan mur
  • 2 buah pipa paralon ½ inchi (panjang 12 cm)
  • Busa Styrofoam (dipotong silinder sesuai diameter dalam pipa)
  • Female N-connector

2. Membuat antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km bagian dalam

Membuat antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km bisa dimulai setelah semua bahan-bahannya disiapkan. Kamu bisa mulai membuat elemen dalam antena terlebih dahulu dengan beberapa langkah berikut.

  • Kupas isolator pelindung pada kawat tembaga

Silahkan dikupas dulu bagian isolator di sepanjang kawat tembaga. Kemudian kawat dibentuk cincin-cincin dengan ukuran sesuai diameter dalam pipa. Jarak antara cincin kawat yaitu ¾ lamda.

Antena omni wifi untuk frekuensi 2,4 GHz kurang lebih membutuhkan jarak antara cincin kawat kurang lebih 12,5 cm. Pada salah satu ujungnya diberi batas ½ lamda untuk bagian bawah antena yang akan disambungkan dengan N-connector.

  • Pasang N-connector pada dop paralon

Gunakan salah satu dop paralon untuk tempat memasang N-connector. Bagian ini yang akan digunakan untuk bawah antena omni wifi 2.4.

  • Memasang busa Styrofoam

Membuat antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km membutuhkan busa Styrofoam supaya elemen dalamnya dapat tetap stabil di dalam pipa paralon. Gunakan busa-busa yang sudah dipotong silinder untuk dipasang pada kawat email atau kawat tembaga. Pasang di dekat bagian cincin-cincinnya dari ujung satu ke ujung lainnya.

3. Merakit antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km

Setelah bagian dalam antena siap, bisa lanjut untuk perakitan antena omni. Ada beberapa langkah untuk merakit antena.

  • Memasukan kawat ke pipa paralon

Elemen dalam antena yang sudah kamu buat, selanjutnya dimasukan ke dalam pipa paralon. Lakukan secara hati-hati agar kawat tidak melengkung di dalam pipa. Tarik bagian ujungnya agar masing-masing terlihat di luar pipa untuk disambung ke konektor.

  • Solder ujung kawat dengan konektor

Bagian ujung kawat yang diberi jarak ½ lamda disambungkan ke bagian konektor, lalu disolder. Bagian ujung yang lain kemudian ditutup dengan dop paralon. Antena omni wifi sudah jadi dan bisa disambungkan dengan klem antena.

4. Membuat klem antena

Membuat Klem Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km
Membuat Klem Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km

Klem antena juga dibuat dari pipa paralon yang fungsinya untuk menopang antena omni wifi 2.4. Gunakan pipa PCV dengan ukuran ½ inch dengan panjang kurang lebih 12 cm.

Siapkan juga 2 buah pipa paralon dengan diameter 1 inci untuk bagian holder antena, masing-masing panjangnya 2 cm. Potong pipa secara vertikal hingga membentuk huruf “C” untuk mencapit antena omni.

Pasang holder pada pipa menggunakan baut dengan dipasang dari arah dalam sehingga ujung baut yang runcing ada di luar pipa. Pasangkan antena omni pada dua holder yang sudah dibuat tersebut. Antena omni wifi sudah siap untuk dipakai.

Membuat antena omni wifi 2.4 jangkauan 1.5 km cukup mudah dan biayanya pun murah. Meski sekarang ada banyak antena omni yang dijual di pasaran, kamu bisa mencoba membuat atau merakit antena omni wifi 2.4 sendiri dengan langkah-langkah di atas.

Post a Comment for "Membuat Antena Omni Wifi 2.4 Jangkauan 1.5 Km"