AdvFac

Rangkaian Lampu Sein Satu Indikator Sepeda Motor Honda

Lampu sein merupakan salah satu komponen terpenting dalam kendaraan. Kali ini Anda akan mengetahui bagaimana rangkaian lampu sein sepeda motor Honda dengan satu indikator. Bagi Anda yang ingin membuat sendiri rangkaian lampu sein motor Anda, kami akan berikan beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Rangkaian lampu sein sepeda motor Honda

Pada dasarnya setiap kendaraan memiliki lampu sein buatan pabrik. Namun banyak orang yang ingin mengubahnya menjadi lebih baik atau memperbaikinya ketika rusak.

Oleh sebab itu Anda harus mengetahui bagaimana rangkaian lampu sein dan hazard motor Honda agar Anda bisa memperbaikinya saat terjadi kerusakan. Tentu saja untuk membuat rangkaian baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mengingat rangkaian lampu sein satu indikator yang dibuat oleh pabrikan, pasti memiliki banyak komponen yang harus diperhatikan. Jika kita hilangkan salah satu indikator, maka hal ini bisa berpengaruh terhadap kinerja lampu sein.

Komponen dalam Rangkaian Lampu Sein Sepeda Motor Honda

Ada beberapa komponen yang harus Anda ketahui di dalam rangkaian lampu sein. Setiap komponen ini tidak bisa dipisahkan, karena mereka akan saling berkaitan. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen, maka hal ini bisa berakibat pada lampu sein yang mati.

rangkaian lampu kepala sepeda motor honda

Berikut ini beberapa komponen yang ada di dalam rangkaian lampu sein sepeda motor:

Bola Lampu

Komponen ini merupakan yang terpenting yaitu bola lampu. Pada kendaraan motor terdapat 4 buah lampu sein yaitu 2 bagian depan dan 2 bagian belakang. Keduanya ada di sisi kanan dan kiri.

Lampu Indikator

Komponen lain yang tak kalah penting yaitu adanya lampu indikator yang ada di dashboard pengemudi. Lampu indikator ini akan menyala saat Anda menyalakan lampu sein.

Saklar Lampu

Selain itu ada komponen saklar lampu yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu sein. Saklar ini akan berperan penting untuk menyalakan lampu sein karena menghantarkan arus listrik.

Flasher

Flasher merupakan komponen yang bisa membuat lampu sein berkedip. Jika flasher rusak maka lampu hanya akan menyala terus menerus tanpa mati.

Sekring

Sekring di dalam kendaraan rangkaian lampu sein berfungsi untuk mengamankan arus listrik agar tidak terjadi konsleting atau arus berlebih.

Baterai

Baterai merupakan sumber dari arus listrik yang akan digunakan untuk menyalakan lampu sein. Jika baterai mengalami pengurangan daya, maka pengaruhnya bisa membuat lampu sein meredup atau mati.

Kunci Kontak

Komponen ini berfungsi agar menghubungkan arus listrik dari baterai menuju ke rangkaian lampu sein lainnya agar lampu sein bisa menyala dan berkedip.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Sein Motor Honda Berkedip Cepat

Rangkaian lampu kepala sepeda motor Honda bisa Anda buat sendiri dengan mengubah instalasi lampu yang dibuat oleh pabrik. Hal ini bukan berarti Anda mengubah seluruh instalasi yang sudah ada, namun hanya sedikit modifikasi yang perlu dilakukan.

Berikut ini cara agar membuat lampu sein berkedip dengan cepat:

Alat-alat

Persiapkan beberapa peralatan sebagai berikut ini:

  1. Timah dan solder
  2. Obeng minus
  3. Kapasitor elektrolit 12 V/ 1000uF

Cara Membuat:

  1. Cari letak flasher yang ada di dalam rangkaian lampu sein motor. Flasher biasanya terletak di bodi depan, tepatnya di belakang speedometer.

    rangkaian lampu kepala sepeda motor honda
    Flasher lampu dilepas

  2. Setelah ketemu, lalu buka body motor dan cabut flasher.
  3. Lalu buka cashing flasher menggunakan obeng minus. Didalam flasher ada 4 komponen yaitu Resistor, Kapasitor, Pelatuk dan kawat yang berfungsi sebagai magnet untuk menarik pelatuk saklar.
  4. Selanjutnya lepas kapasitor yang ada di flasher dengan cara disolder menggunakan timah yang tetap tersambung dengan komponen dalam rangkaian lampu sein lainnya.
  5. Setelah itu Anda bisa memasang kapasitor pengganti di tempat kapasitor lama yang sudah di copot. Jangan lupa perhatikan polaritas kapasitor bagian plus dan minusnya.
rangkaian lampu sein satu indikator

6. Jika sudah selesai, maka coba nyalakan lampu sein. Jika lampu sein bisa berkedip dengan cepat, maka Anda sukses membuat rangkaian lampu sein baru di motor Honda.

rangkaian lampu sein motor

Demikian cara kerja lampu sein dan bagaimana membuat rangkaian lampu sein sepeda motor Honda dengan sedikit modifikasi yang sederhana dan mudah dilakukan.

Post a Comment for "Rangkaian Lampu Sein Satu Indikator Sepeda Motor Honda"