AdvFac

Cara Pasang Parabola 2 LNB Out Untuk 2 Receiver

Bagi para pengguna TV satelit, kemunculan parabola 2 LNB yang dapat dipasang pada 2 receiver sekaligus. Bahkan banyak orang mencari cara pasang parabola 2 lnb untuk 2 receiver tersebut karena meski cukup mudah namun pemasangan tersebut dapat membuat pemanfaatan TV menjadi lebih efektif.

Cara Pasang Parabola 2 Lnb Untuk 2 Receiver

2 LNB 2 Out dalam Satu Set dan Cara Pasang Parabola 2 Lnb Untuk 2 Receiver

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara pemasangan parabola untuk 2 LNB, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja yang ada di dalam satu set parabola yang Anda beli sebelumnya. Ya, dalam satu set LNB, Anda akan mendapatkan:

  • 2 LNB (Low Noise Block) yang berfungsi sebagai alat penerima sinyal jaringan satelit yang lemah. LNB ini akan membuat sinyal terkumpul pada titik fokus pantulan parabola yang akan diteruskan ke receiver.
  • 1 scalar ring untuk 2 LNB yang berfungsi untuk memilah sinyal yang tidak diinginkan.
  • 2 switch diseq untuk memutus atau menyuplai arus dengan sistem elektrik (electric system) dari satu LNB ke LNB lain.
  • 4 buah kabel yang masing-masing digunakan untuk menghubungkan LNB ke switch diseq serta beberapa baut dalam plastik kecil.

Lantas, bagaimana cara memasang parabola dengan 2 LNB untuk 2 receiver? Berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan, bahkan terbilang sangat mudah.

Rangkai 2 LNB ke masing-masing lubang.

Katakanlah 2 LNB tersebut kita namakan LNB A dan LNB B. Perlu diingat, sudut nol dari kedua LNB tersebut harus sejajar karena hal ini dapat berpengaruh pada sinyal yang akan ditangkap. Dengan begitu, kualitas siaran akan semakin maksimal.

Menyiapkan 4 kabel dan 2 switch diseq

Menyiapkan 4 kabel dan 2 switch diseq

Selanjutnya, kita siapkan dulu 2 buah diseq (yang akan kita sebut diseq A dan diseq B), 2 receiver (yang nantinya juga akan kita sebut receiver 1 dan receiver 2). Alat dan bahan inilah yang nantinya akan mendukung cara pasang parabola 2 lnb untuk 2 receiver.

  • Langkah awal, ambil dulu diseq A dan pasangkan output diseq A tersebut ke input receiver 1.
  • Perhatikan pada bagian input diseq A, ada tulisan LNB A in atau LNB 1in. Hubungkan atau colok input tersebut ke dalam salah satu lubang output LNB untuk satelit Palapa (satelit A).
  • Hubungkan input kedua dengan salah satu lubang output LNB untuk satelit Telkom (satelit B).
  • Switch diseq B dan hubungkan ke output switch diseq pada input receiver 2.
  • Hubungkan input 1 pada diseq B dengan lubang output LNB A dan sambungkan input 2 yang ada di diseq B ke lubang output yang ada di LNB B.

Cek kembali pemasangan kabel dan switch

Sejatinya, receiver merupakan alat berisi perangkat dekoder dengan fungsi pengatur saluran tv yang akan diterima. Dekoder inilah yang akan memerika hak akses pengguna atas saluran tersebut sehingga dapat menghasilkan gambar, suara, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyambungkan kabel di switch masing-masing receiver. Setelah itu, edit satelit di setiap receiver tersebut dengan memilih menu Edit Satelit, kemudian pilih Satelit yang akan diubah settingannya.

Adapun pengecekan akhir dari cara pasang parabola 2 lnb untuk 2 receiver inipun tidak jauh berbeda. Di Satelit Palapa, setting 22k tone dalam keadaan off, kemudian pilih switch diseq LNB 1 dan klik Save. Di Satelit telkom pun demikian, pengaturan 22k harus off, kemudian pilih LNB 2, klik Save.

Post a Comment for "Cara Pasang Parabola 2 LNB Out Untuk 2 Receiver"